Info Semarang: saat ini kita berada pada masa dimana dunia semakin berkembang, adanya globalisasi, membuat yang jauh menjadi dekat, jarak bukan lagi penghalaang saat ini. Salah satu dampak dari globalisasi adalah hal yang awalnya dilakukan secara konvensional dapat dilakukan secara online, membuat segalanya jauh lebih mudah, dapat dilakukan lewat sentuhan jari. Termasuk media online saat ini sebagai pusat penyedia informasi yang awalnya yang telah menggeser media lama seperti koran, majalah, buku, dan lain sebagainya. Semua informasi dari penjuru dunia dapat diakses dengan mudah dari ujung jari kita. Mudahnya mengakses informasi juga membuat semua orang bisa menulis berita yang memberi informasi ke publik.

Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. “Menulis adalah bekerja untuk keabadian” kata Pramoedya Ananta Toer. Saat ini, semua orang bisa menjadi penulis dan dibaca oleh publik, tapi tidak semua orang memiliki kecakapan dalam hal menulis. Oleh karenanya HMJ Syariah Unissula mengadakan sebuah pelatihan, berjudul Pelatihan Sastra: Dasar dan Langkah Mengkaryakan Kata. Acara ini dilaksanakan pada hari Kamis, 19 September 2019, di perpustakaan pusat Unissula Lt. 3. Turu hadir sebagai pelatih salah seorang penulis ternekal Gusti Hasta seorang penulis buku Syak Merah Jambu. Karena pengetahuan dasar soal menulis sangatlah penting, maka pelatihan ini dibuka untuk umum, dengan harapan, kelak setelah pelatihan ini, para peserta dapat mengembangkan bakatnya dalam hal tulis menulis setelah mengetahui dasarnya di pelatihan ini.

“Menulis adalah bentuk menyampaikan kegelisahan yang paling baik. Tetapi, penulis tersebut harus mengetahui dasar-dasar dalam menulis agar tulisannya jauh lebih baik” jelas Gusti Hasta.

Leave a reply