Visi

“Terwujudnya Program Studi Ahwal Syakhshiyah yang terkemuka di Asia Tenggara dalam membangun generasi khaira ummah, mengembangkan ilmu dan pemikiran Hukum Keluarga atas dasar nilai-nilai Islam pada tahun 2024”

Misi

Menyelenggarakan Prodi Ahwal Syakhshiyah dalam rangka da’wah Islamiyah yang berorientasi kualitas dengan:

  1. Mendidik dan mengembangkan sumber daya insani yang Islami pada bidang hukum keluarga dalam rangka membangun generasi khaira ummah dan ulama tafaqquh fiddin dengan mengutamakan kemuliaan akhlak, kualitas kecendekiawanan dan kepakaran standar tinggi, siap melaksanakan tugas pendidikan, kepemimpinan dan dakwah.
  2. Merekonstruksi dan mengembangkan tradisi penelitian hukum keluarga atas dasar nilai-nilai Islam menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT.
  3. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat sebagai hasil dari proses pembelajaran dan penelitian dalam rangka membangun peradaban Islam yang dirahmati Allah SWT dalam kerangka rahmatan lil’alamin.
  4. Mengembangkan gagasan dan kegiatan melalui tata kelola (good governance) yang dinamis dan invotaif sesuai dengan perkembangan zaman dalam rangka mengemban dakwak Islamiyah.

Tujuan

  1. Terselenggaranya proses pendidikan Hukum Keluarga yang berstandar nasional atas dasar nilai-nilai Islam dalam rangka menghasilkan sarjana hukum keluarga yang profesional, berakhlak mulia, berilmu, memiliki kompetensi soft skill & hard skill, menguasai teknologi informasi, bahasa Arab & Inggris serta siap melaksanakan tugas kepemimpinan, dakwah dan kewirausahaan.
  2. Terwujudnya partisipasi dan peran aktif program studi dalam membangun kesejahteraan masyarakat dan pengembangan hukum Islam khususnya hukum keluarga melalui studi dan penelitian intensif, bermutu dan relevan di bidang hukum Islam menuju masyarakat sejahtera.
  3. Terselenggaranya pengabdian masyarakat di bidang ilmu hukum keluarga yang bermanfaat dan berkelanjutan yang sejalan dengan kebutuhan menuju masyarakat sejahtera.
  4. Terselenggaranya tata kelola Program Studi yang baik (good governance) dan berkelanjutan melalui peningkatan mutu Program Studi, bersinergi, lingkungan akademik yang kondusif dan Berbudaya Akademik Islami sebagai upaya menumbuhkembangkan perilaku kecendikiawanan untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.